Welcome to BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN
Back to Front
  
PROFILE

Struktur Organisasi

Tupoksi

Informasi Bidang Keuangan


KEBIJAKAN & MEKANISME KEUANGAN

Kebijakan Umum

Mekanisme dan Peraturan

Standard Operasional dan Prosedur

Pelaporan Pajak

Pelaporan Audit


INFORMASI

Transaksi Keuangan
Transaksi Online

Pembayaran DP / DPP/ OPMB

Pembayaran PMB
Pembayaran  Wisuda
Beasiswa SMA/SMK Pasundan


Tugas Pokok Dan Fungsi

| Rektor / Wakil Rektor II | Biro Umum | Biro Keuangan | Kabag Keuangan |
| Kabag Registrasi| Kasubbag Keuangan dan Pembukuan | Bendahara |

 Kepala sub Bagian Keuangan dan Pembukuan

Penerimaan Dana Melalui kas

•  Mencatatkan Bukti Penerimaan

•  Membuatkan permohonan

•  Memberikan Bukti Penerimaan lembar pertama kepada Donatur/Kontributor dan mencatat penerimaan ke Buku Kas

•  Mencatat pengeluaran ke Buku Kas dan penerimaan ke Buku Bank

•  Mencatat dan mengarsipkan Dokumen penerimaan berdasarkan tanggal

Penerimaan Dana Melalui Bank

•  Meminta Credit Advice dan Rekening Koran dari bank terkait

•  Menerbitkan Bukti Penerimaan, Surat Konfirmasi Penerimaan Dana dan mencatat penerimaan ke Buku Bank

•  Mengarsip Rekening Koran dan Credit Advice berdasarkan tanggal

Pengelolaan Uang Muka

 

•  Memeriksa kesesuaian Permohonan Uang Muka dengan Anggaran

•  Memberikan kembali Permohonan Uang Muka kepada Pengguna

Dana apabila tidak sesuai dengan anggaran

•  memberikan laporan dan membuat catatan jika ada ketidaksesuaian uang tunai atau Bukti Setor Bank/Bukti Transfer Bank kepada Pengguna Dana

•  Melakukan review Laporan Pertanggungjawaban Uang Muka dan Kelengkapan Dokumen Pendukung,

•  Apabila tidak sesuai maka dikembalikan kepada pengguna dana untuk diperbaiki

Pengadaan Barang / Jasa

•  Melakukan review kesesuaian Permohonan Pengadaan Barang/Jasa dgn Anggaran, apabila tidak sesuai dgn Anggaran maka diberikan pada Biro Umum

•  Memeriksa dokumen dan permohonan Pengadaan Barang/Jasa sesuai dengan anggaran yang 

•  Menerbitkan Surat Permintaan Penawaran Harga / Curriculum Vitae apabila pengeluaran lebih dari      Rp.  5.000.000

•  Melakukan pencatatan atas Barang/Jasa

•  Mengarsip Tanda Terima Barang/Kontrak Jasa berdasarkan tanggal

Pengelolaan Kas Kecil

 

•  Membuat Surat Permohonan Pembentukan Kas Kecil

•  Menyiapkan Formulir Permohonan Dana

•  Melakukan review kesesuaian Formulir Permohonan Dana dengan Anggaran

•  Menerbitkan Bukti Kas Keluar untuk Formulir Permohonan Dana yang disetujui

•  Mencatat pengeluaran dana ke dalam Buku Kas

Penyajian Informasi Keuangan

 

•  Mencatat penerimaan, pengeluaran dan pertanggungjawaban dana ke Catatan Transaksi Harian

•  Melakukan rekonsiliasi dengan Buku Kas dan Buku Bank

•  Menerbitkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana, Laporan Status Dana, Laporan Status Anggaran

Pelaporan Akuntansi

 

•  Menyusun Jurnal Bank, Jurnal Kas, Jurnal Umum dan Buku Besar

•  Meminta Rekening Koran dari bank yang bersangkutan

•  Melakukan rekonsiliasi bank, menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank & Jurnal Koreksi

•  Menyusun Draft Laporan Keuangan

•  Melakukan rekonsiliasi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana, Laporan Status Dana dan Laporan Status Anggaran dengan Laporan Keuangan dan menyusun Jurnal Koreksi

•  Menyusun Laporan Keuangan

 

 


Legal ©